Friday, November 20, 2009

Mengusir Noda - noda yang membandel

Kotoran dapat dihilangkan dengan pembersih hangat dan dingin. Pembersih hangat bersifat melarutkan kotoran untuk selanjutnya dihilangkan dengan lap. Sementara pembersih dingin menggumpalkan kotoran sehingga mudah dicungkil dari bagian mobil.

Berikut beberapa bagian mobil yang mudah kotor dan jurus sederhana untuk membersihkannya.
Ban dan bagian karet
Dengan campuran air hangat dan deterjen, gosoklah kotoran memakai sikat gigi bekas atau ijuk. Jangan sekali - kali menggunakan minyak tanah, bensin, atau pembersih lain yang mengandung minyak bumi karena dapat merusak ban. Pembersih turunan minyak bumi mampu mengubah struktur kimia ( ikatan karbon ) penyusun karet alam.
Kulit
Untuk mengembalikan warna dan cahaya kulit yang memudar, taburkan bedak bayi keatas permukaan kulit ( misalnya jok dan aksesoris bebahan kulit ), kemudian gosok dengan kain lembut. Bila bahan kulit terkena noda tertentu cukup dibersihkan dengan bahan bahan yang ada disekitar kita.
Darah
Segera hilangkan dengan kain bersih yang dicelupkan ke air dingin. Jangan memakai sabun atau air hangat, karena justru akan terus menempel. Gunakan dua atau tiga tetes amoniak, biarkan beberapa saat, lalu cuci dengan kain basah.
Permen
Jika berupa colat, sapu dengan kain bersih yang dibasahi air suam suam kuku. Kalu bukan coklat cukup dilap dengan kain bersih yang dibasahi air hangat.
Kecap
Gunakan kain bersih yang dicelup air dingin. Jika perlu tambahkan sedikit deterjen.
Permen karet
Gosok denga es batu agar mengeras, lalu cungkil dengan pisau tumpul. Kemudian bersihkan jika perlu pakailah deterjen.
Cat atau Pernis
Bersihkan dengan kain yang dicelup terpentin. Jika belum benar, boleh memakai cmpuran alkohol 70% dan bensin cuci yang bisa dibeli diapotek. Cuci dengan air sabun, dilanjutkan dengan air bersih.
Lipstik
Kerok dulu dengan pisau tumpul, lalu basahi dengan air dingin, kalau perlu tambahkan sedikit deterjen. Sikat pelan - pelan dan bilas dengan kain basah, kemudian keringkan.
Air Kencing
Harus dipel dengan air suam suam kuku dicampur sabun, lalu dibilas dengan air dingin. Gosok dengan lima bagian air hangat dicampur satu bagian amoniak. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air dingin.
Muntahan
Terlebih dahulu sapu dengan dengan kertas atau serbet, kemudian pel dengan air dingin. Gosoklah dengan kain yang dibasahi air suam - suam kuku dicampur sabun, baru kemudian dibilas dengan air dingin. Jika baunya belum hilang, gunakan campuran air suam - suam kuku dengan soda kue secukupnya.

0 comments:

Translate this page :