Friday, October 9, 2009

Still Doubt..........? I Dont think so

Pada malam yang hening Abu Yazid seorang wali Allah tampak hadir ditengah - tengah jamaah kaum nasrani. Dia mengira tidak ada orang yang melihatnya tapi pastor yang sedang khutbah tiba-tiba berkata " Aku tidak akan melanjutkan khutbahku sebelum pengikut Muhammad itu [pergi dari ruangan ini." Pastor itu mengenali wajah Abu Yazid karena pada wajah pengikut Muhammad terdapat bekas sujud. Kemudian Pastor itu berkata " Aku berikan kesempatan kepada Tuan untuk tinggal disini dan menjawab semua pertanyaanku, kalau Anda bisa menjawab semua pertanyaanku, Aku kan beriman kepada Tuhan yang dibawa Muhammad.Tapi jika Anda tidak bisa menjawab kami akan memenggal kepalamu."

" Tanyakan apa saja yang mau Anda tanyaka!" Sahut Abu Yazid.
Siapa satu yang tidak ada duanya ?"
" Satu yang tidak ada duanya ialah qulhuwallahu ahad."
" Apa dua yang tidak ada ketiganya ?"
" Dua yang tidak ada ketiganya adalah firman Allah, ' Kami telah menjadikan malam dan siang sebagai kedua ayat Allah."
" Apa tiga yang tidak ada keempatnya?"
" Alasan Musa kepada Khidir, yaitu tengelamnya perahu, pembunuhan anak muda, dan pendirian bangunan tembok."
" Apa empat yang tidak ada kelimanya ?"
" Taurat, Zabur, Injil dan Alqur'an."
" Apa lima yang tidak ada keenamnya ?"
" Yakni shalat lima waktu bagi kaum muslimin."
" Apa enam yang tidak ada ketujuhnya ?"
" Yaitu waktu yang ditetapkan Allah dalam penciptaan langit dan bumi. " Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya dalam enam masa dan Kami sedikitpun tidak ditimpa keletihan." (QS.Qaaf : 38). Karena kaum yahudi beranggapan Allah menciptakan langit dan bumi dan apa-apa yang ada diantara keduanya dalam waktu enam hari, lalu pada hari ketujuh Allah beristirahat karena letih.
" Apa tujuh yang tidak ada kedelapannya ?"
" Bacalah firman Allah, ' Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis - lapis. Kamu sekali - kali tidak melihat ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang - ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang." (QS al-Mulk : 3).
" Apa delapan yang tidak ada kesembilannya ?"
" Jumlah Malaikat yang membawa Arsy Allah. ' Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit, dan pada hari itu delapan malaikat menjunjung 'Arsy Rabb-mu diatas mereka." (QS al-Haqqah :17)
" Apa saja kesembilan mukjizat Nabi Musa as pada Fir'aun ?"
" Tangan bercahaya, Tongkat yang berubah jadi ular, Penghapusan, kekurangan makanan, bencana angin topan, serangan belalang, serangan serangga, serangan kodok, banjir darah."
" Apa sepuluh yang bisa menerima tambahan itu ?"
" Bacalah ayat al-Qur'an ' Siapa yang datang membawa amal kebaikan, maka untuknya diberikan sepuluh kali lipat dan Allah Maha Kuasa melipatgandakan ganjaran-Nya bagi orang-orang yang dikehendaki-Nya."
" Siapa sebelas orang bersaudara yang terkenal itu ?"
" Saudara Yusuf as, ketika Yusuf berkata kepada Ayahnya, ' Wahai Ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan, kulihat semuanya sujud kepadaku."
" Apa yang bernafas tanpa roh ?"
" Bacalah firman Allah, ' demi subuh apabila ia bernapas."
" Siapa yang percaya tapi dimasukkan kedalam neraka ?"
" Mereka adalah Yahudi dan Nasrani, Bacalah firman Allah, ' Orang-orang Yahudi berkata, ' Orang-orang Nasrani tidak mempunyai suatu pegangan', padahal mereka sama-sama membaca al-Kitab). Demikianlah orang-orang yagn tidak mengetahui mengatakan seperti ucapan mereka. Maka Allah aka mengadili diantara mereka pada hari kiamat tentang apa-apa yang mereka berselisih padanya." (QS al-Baqarah : 113). Dan dalam ayat yang lain " Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima daripadanya dan dia diakhirat termasuk orang-orang yang merugi." (QS Ali-Imran : 85).
" Siapa ciptaan Allah yang tidak berayah dan beribu ?"
" Para Malaikat dan Nabi Adam as."
" Pohon apa yang terdiri dari 12 ranting dan setiap rantingnya terdiri dari 30 daun. Pada tiap daunya ada 5 buahnya, 3 buah diantaranya ada diteduhnya dan 2 diantaranya ada dipanasnya ?"
" Yang dimaksud pohon itu adalah tahun, tia[p - tiap tahun ada 12 bulan, tiap bualan ada 30 hari tiap hari terdapat kewajiba shalat 5 waktu, 3 ( Magrib. Isya. dan Subuh ) ditunaikan pada waktu matahari terbenam dan 2 ( Dzuhur dan Asar ) diantaranya pada waktu siang hari.
Kemudian pastor itu terdiam dan jamaah dibuat terheran-heran karena Abu Yazid dapat menjawab semua pertanyaan dari Pastor.
" Kini giliran saya wahai tuan pastor yang terhormat untuk mengajukan satu pertanyaan saja. Saya harap Anda bisa menjawabnya ?"
" Silahkan !" jawab pastor.
" Apa kunci surga ?"
Sang pastor terdiam cukup lama, dan membuat para jamaah gusar, bagaimana mungkin sekian pertanyaan dia ajukan mampu dijawab oleh Abu Yazid sedang satu pun tak mampu dia jawab. Setelah cukup lama sang pastor menjawab.
" Wahai anak - anakku! aku tahu jawabannya akan tetapi akut akut pada kalian semua "
" Silahkan tuan pastor menjawab tidak usah takut dan ragu pada kami." Jawab jamaah serempak.
" Kunci surga itu adalah Laa Illaaha Illa Allah Muhammadurrasulullah." Jawab pastor dengan suara keras dan diikuti oleh seluruh jamaah setelah pastur itu mengucapkan kalimat tauhid.

Dikutip dari : Majalah Hidayah Juli 2008

0 comments:

Translate this page :