Wednesday, October 14, 2009

Timbangan......siapa takut !!!!!!!

Selepas ramadhan kita cenderung mengkonsumsi makanan - makanan yang berlemak, karena sebagian dari kita merasa bahwa ah.....kan kemarin agak kurusan!!!! eits.........harus tau batasannya lho. Hampir seluruh kaum hawa akan merasa nyaman kalo berat badannya stabil. Nah untuk itu perlu menjaga berat badan agar tetap stabil selepas ramadhan.

  1. Tetap perbanyak konsumsi buah dan sayur karena disamping mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh, juga memiliki kandungan serat yang baik untuk melarutkan kotoran dan zat yang tak baik bagi tubuh.

  2. Kurangi makanan berlemak seperti daging lebih baik kita menggantinya dengan seafood. Karena seafood mengurangi kadar kolestrol dalam darah. Biar ga kena serangan jantung mendadak.
  3. Perbanyak makanan yang mengandung zat besi, Wah apalagi buat kita, ini hukumnya jadi wajib ada dalam menu makan sehari - hari kita. Setiap bulan kita kedatangan bulan yang tak diundang jadi biar ga lemes dan pucet kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran hijau dan kacang - kacangan.
  4. Jangan makan telur terlalu banyak meskipun kandungan proteinnya baik. Tapi ada sebagian dari kita yang setelah makan telur akan tumbuh bisul atau jerawat.
  5. Kurangi konsumsi garam berlebihan, karena menurut riset kebutuhan garam dalam tubuh kita sudah terpenuhi dalam masakan kita sehari-hari. Masa masih muda kena stroke ! ga lucu kan.
  6. Konsumsi Air putih minimal 8 gelas perhari, disamping cantik dan sehat juga mengurangi penyakit ringan seperti sakit kepala, kurang konsentrsi, sembelit, infeksi pada saluran kencing dan nyeri sendi.
  7. Kunyah makanan hingga 20 kali, ini mempercepat proses karbohidrat menjadi gula biar perut ga kembung.
  8. Menikmati makanan, syukuri makanan yang ada. Karena Allah telah menganugerahkan cukup makanan dan cukup gizi untuk kita.
  9. Jangan makan makanan berlebihan.
  10. Olahraga setiap hari meskipun hanya 15 menit.
Nah sekarang ga takut lagi kan sama timbangan.....! yang pasti selagi kita mampu mengikuti aturan yang ada dan tidak berlebihan, semua akan baik - baik saja.

0 comments:

Translate this page :